Minggu, 04 Desember 2016

Cara Budidaya Ikan Lele Di Kolam Tanah Terbaik Dan populer

Cara Budidaya Ikan Lele Di Kolam Tanah Terbaik Terpopuler~ Ikan lele adalah jenis ikan yang laris dan banyak penggemar nya di seluruh dunia, Terutama di indonesia sendiri sudah cukup lama terkenal. Jenis ikan ini juga jenis ikan konsumsi yang sangat populer di kalangan masyarakat.

Ikan lele adalah ikan favorit nya orang indonesia, Kemana pun kita pergi kita bisa sangat mudah untuk menemukan jenis ikan ini, Din setiap sudut kota bahkan di pedesaan pun banyak kita temukan warung-warung yang menu lauk nya ikan lele.



Ikan lele bisa dan mudah di masak apa saja yang kita suka, Contoh nya di buat masak gulai, Di masak sambal, Di goreng, Dan yang terkenal ikan ini sekarang jadi menu khas indonesia yaitu Nasi pecel lele.

Untuk tentang pemasaran ikan lele pun di indonesia sangat laris dan jenis ikan ini sangat di butuh kan dalam jumlah banyak untuk konsumsi maupun untuk di jadikan bisnis dagang, Jadi menurut saya ternak ikan lele sangat bagus untuk di budidaya kan.

Mari kita membudidayakan ikan lele, Untuk membudidayakan ikan lele di kolam tanah itu lebih baik dan sangat cocok untuk kita yang ekonomi menengah kebawah.

Cara budidaya ikan lele di kolam tanah tidak lah terlalu sulit dan tidak menghabiskan modal yang terlalu banyak.

Berikut ini adalah langkah-langkah untuk membudidayakan ikan lele di kolam tanah yang terbaik :

Langkah-Langkah Budidaya Ikan Lele Di Kolam Tanah 

1. Membuat Kolam/ Pengeringan

Tahap untuk pembuatan kolam tanah terlebih dahulu kita harus menggali/membuat lubang di tanah yang biasa nya di buat persegi panjang atau persegi empat. Sebenarnya membuat ukuran kolam tidak di pastikan, bisa di buat tergantung selera dan kondisi jumlah banyak nya bibit yang akan di pelihara.
Cara Budidaya Ikan Lele Di Kolam Tanah Terbaik Dan populer



Setelah pembuatan kolam nya sudah siap atau selesai, sebaik nya kita lakukan pengeringan kolam dahulu, Agar bibit bakteri, virus-virus jahat yang menyebabkan ikan lele mati ia benar-benar sudah bersih dan hilang.

Pengeringan ini harus di lakukan lebih kurang dalam jangka waktu 7-10 hari, Usahakan keadaan kolam benar-benar kering, Dan lebih baik nya membuat kolam pada waktu musim kemarau, Agar proses pengeringan mudah di lakukan sehingga mempermudah pembuatan kolam.

Sesudah proses pengeringan benar-benar sudah sempurna, Kemudian dasar kolam yang kering dan mengeras harus di gembur kan kembali seperti di cangkul-cangkul supaya dasar kolam menjadi gembur kembali, Nah proses mencangkul tanah tersebut harus di lakukan, Karena ia akan menghilangkan zat-zat yang ada di dalam tanah bisa menguap dan hilang. Setelah selesai baru kita masuk ke tahap berikut nya di bawah ini.

2. Tahap Pengapuran Dan Pemupukan 

Nah proses yang selanjut nya adalah proses pengapuran dan pemupukan pada kolam, Pengapuran pada kolam yaitu kita lakukan saat sebelum kolam di isi dengan air, Yang bertujuan sebagai netral kan kadar asam dan membunuh bakteri-bakteri jahat pada kolam yang mungkin akan membuat ikan mati nanti nya.

dan biasa nya kapur yang di gunakan yaitu kapur dolomit, Dan dosis kapur yang di berikan lebih kurang 250 gram sampai 750 gram untuk dalam 1 meter persegi. Demikian lah memupuk dan pengapuran pada kolam, setelah itu kita lanjut ke tahap yang berikut nya yaitu pengairan.

3. Tahap Penggairan Atau Pengaturan Air

Setelah tahap 1 dan tahap 2 di atas selesai di lakukan selanjut nya kita masuk ke tahap pengaturan air pada kolam, Ada satu hal yang harus anda perhatikan lagi, untuk cara budidaya ikan lele kolam tanah terbaik yaitu mengisi air kolam harus dengan bertahap, Untuk pengisian awal yaitu isi air 30-40 cm, Setelah di isi air setinggi 30-40 cm selesai, Diamkan sampai 7 hingga 10 hari, Sesudah itu semua selesai, maka maksimal kan pengisian air setinggi 100 cm hingga 120 cm. Nah tahap penyebaran bibit ikan lele pun sudah siap di laksanakan.


Demikian lah penjelasan tentang cara budidaya ikan lele di kolam tanah terbaik dan populer yang dapat kami berikan, Semoga anda akan menjadi petani ikan yang sukses dan berkelas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar